Inilah Manfaat Buah Mangga dan 9 Jenis Buah Mangga Yang Ada di Indonesia

Mangga |  TaniHub
source gambar : tanihub.com

Buah Mangga adalah buah yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia karena rasanya enak dan juga mudah didapat. Tak hanya itu, tentunya buah mangga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaatnya yaitu membantu melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan pada kulit dan rambut,  menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, menurunkan tekanan darah,  membantu menurunkan kolesterol, bermanfaat untuk kesehatan pada ibu hamil dan terakhir adalah meningkatkan kekebalan pada tubuh yang tentunya diperlukan dimasa pandemi seperti ini.

Untuk Anda yang sedang atau ingin melakukan penurunan berat badan cocok untuk mengonsumsi mangga karena pada kulitnya memiliki kandungan zat fitokimia yang memiliki fungsi untuk menghilangkan lemak secara alami dan pada dagingnya yang kuning mengandung banyak serat yang tentunya membantu menimbulkan rasa kenyang lebih lama, tapi dengan catatan mengonsumsi mangganya dalam jumlah yang cukup ya.

Buah berkulit hijau kekuning-kuningan ini memiliki berbagai jenis dan tentunya memiliki rasa yang berbeda-beda pula. Di Indonesia banyak sekali ditemukan banyak jenis mangga yang nikmat. Lalu apa saja jenis buah mangga yang ada di Indonesia, berikut jenisnya :

  1. Mangga Harum Manis

Buah mangga yang satu ini tentu semua orang Indonesia mengetahuinya, bisa dibilang jenis mangga ini sangat populer. Cita rasanya yang manis dan juga memiliki harum yang nikmat. Tekstur dari dagingnya lembut ketika digigit. Untuk bentuknya, mangga satu ini berbentuk lonjong dan ujungnya lancip atau meruncing.

  1. Mangga Indramayu

Jenis mangga satu ini mempunyai cita rasa manis dengan rasa sedikit asam. Berbeda dengan mangga harum manis, mangga Indramayu memiliki tekstur daging yang tebal dan juga teksturnya yang kering serta berserat.

  1. Mangga Madu

Ketika mendengar namanya pasti terbayang langsung rasanya seperti apa, ya benar rasanya manis seperti layaknya madu. Warna dagingnya kuning tua dengan aroma yang harum, tak memiliki banyak air dan sedikit berserat. Bentuk buahnya bulat sedikit agak lonjong.

  1. Mangga Manalagi

Jenis buah mangga satu ini memiliki nama yang unik ya. Mangga Manalagi memiliki cita rasa manis layaknya harum manis namun memiliki tekstur padat berserat. Memiliki bentuk memanjang dengn ukuran yang lebih kecil dari mangga Harum Manis.

  1. Mangga Golek

Dalam bahasa Jawa, golek sendiri memiliki arti mencari. Yang artinya setelah Anda mencicipi mangga ini, Anda akan mencarinya lagi. Dagingnya memiliki tekstur yang empuk namun tebal dengan warna jingga cerah. Bentuk buahnya lonjong memanjang dan berbintik-bintik putih kehijauan atau cokelat.

  1. Mangga Gedong Gincu

Jenis mangga ini memiliki warna hijau cerah kemerahan, warna yang cukup cantik dan menarik dibandingkan mangga yang lainnya. Rasanya manis dengan dagingnya yang tebal dan empuk atau kenyal. Bentuk dari mangga ini yaitu bulat.

  1. Mangga Alpukat

Dari namanya tentu buah mangga satu ini berbentuk seperti buah alpukat. Cara menyantap nya pun sama seperti buah alpukat dimana bijinya mudah dibuang dan selanjutnya dagingnya dimakan dengan cara dikerok menggunakan sendok. Dagingnya sendiri memiliki tekstur yang lembut.

  1. Mangga Endog Endog

Dalam bahasa Jawa artinya adalah telur . Dinamakan Endog karena mangga satu ini memiliki bentuk bulat layaknya sebuah telur. Kulit luar buah ini bila dirasakan cukup halus dan terdapat bintik-bintik putih ketika diperhatikan. Tekstur memiliki dagingnya yaitu sedikit kasar, aromanya tidak terlalu harum mengandung sedikit air dan rasanya manis

Itu tadi 9 Jenis buah mangga yang dapat ditemukan di Indonesia. Tentunya masih banyak jenis mangga lainnya yang mungkin belum kita ketahui. Jika Anda ingin membeli buah mangga namun disaat pandemi seperti ini takut untuk pergi keluar rumah, ada TaniHub yang bisa Anda akses di laman: https://tanihub.com/. Platform yang menjual berbagai kebutuhan untuk memasak atau konsumsi Anda sekeluarga dirumah.