Fakta Menarik Dari Sosok Pelatih Interim Baru Manchester United

Ralf Rangnick
source gambar : beritasatu.com

Pecinta sepak bola mana sih yang tidak kenal dengan Manchester United? Sebagai pecinta sepak bola, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan tim yang berjuluk Setan Merah ini. Seperti yang diketahui bahwa Manchester United saat ini sedang berada di performa terburuk.

Sebagian besar pengamat sepakbola berpendapat bahwa buruknya performa tim Manchester United akibat tidak maksimalnya racikan pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Bagaimana tidak? sebab tim Setan Merah ini sangat kesulitan untuk mendapatkan kemenangan.

Jangankan melawan tim-tim besar, bahkan Manchester United kerap kesulitan saat berhadapan dengan tim kecil sekalipun. Tentu saja pencapaian ini merupakan kabar yang buruk bagi fans Manchester United di seluruh dunia.

Mengingat akan hal itu, akhirnya manajemen Manchester United membuat keputusan untuk memberhentikan coach Ole. Menurut kabar yang beredar, Manchester United telah menunjuk mantan direktur olahraga dan pengembangan di Lokomotiv Moscow, yakni Ralf Rangnick.

Sekilas Tentang Sosok Ralf Rangnick

Ralf Rangnick merupakan seorang pelatih berusia 63 tahun kelahiran Jerman, yang mana ia memulai karier kepelatihannya mulai dari tim-tim amatir. Meski namanya tidak sepopuler Juergen Klopp atau Jose Mourinho, namun sosok Ralf Rangnick kerap dijadikan sebagai mentor untuk pelatih top lainnya.

Rangnick sudah menyetujui kontrak berdurasi 6 bulan sebagai pelatih interim Manchester United, untuk menggantikan Michael Carrick setelah Ole didepak. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai fakta menarik dari sosok Rangnick, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

  1. Pencetus Pola Gegenpressing

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa pola gegenpressing sangat identik dengan racikan pelatih Juergen Klopp. Namun fakta berbicara lain, ternyata Rangnick merupakan sosok yang pertama kali mengembangkan pola gegenpressing.

Adapun tujuan dari pola gegenpressing tersebut untuk mendapatkan kembali bola secepat mungkin setelah kehilangan penguasaan bola.

  1. Lebih Banyak Melatih Tim Amatir

Ini dia salah satu yang menjadi alasan mengapa nama Ralf Rangnick tidaklah sepopuler nama-nama pelatih papan atas seperti Mourinho maupun Antonio Conte. Ralf Rangnick benar-benar memulai karir kepelatihannya dari bawah.

Hal itu pun terbukti, setidaknya ada 6 tim amatir yang pernah diarsiteki oleh pelatih asal Jerman tersebut. Di beberapa tim, bahkan Ralf Rangnick pernah menjabat sebagai pelatih pemain. Memasuki tahun 1999, Ralf Rangnick ditunjuk sebagai pelatih utama tim Vfb Stuttgart.

  1. Mengidolakan Sosok Arrigo Sacchi

Menurut informasi yang di dapat, Ralf Rangnick ingin menjadi pelatih top dunia karena terinpirasi dari pelatih AC Milan di era 90an, yakni Arrigo Sacchi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena racikan Arrigo Sacchi berhasil membawa AC Milan sebagai juara Liga Champions 1989 dan 1990.

  1. Merupakan Sosok Mentor Bagi Kebanyakan Pelatih

Seiring dengan pengalaman jam terbangnya di dunia kepelatihan, sosok Ralf Rangnick pun menjelma sebagai idoa dan mentor bagi kebanyakan pelatih lainnya. Adapun beberapa sosok pelatih top yang menjadikan Ralf Rangnick sebagai mentornya, seperti Julian Nagelsmann, Thomas Tuchel, Ralph Hasenhutti, dan masih banyak lagi.

  1. Belum Pernah Merasakan Gelar Juara di Kasta Sepakbola Tertinggi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa RB Leipzig telah menjelma menjadi tim kuat di Bundesliga Jerman. Namun selama kariernya sebagai pelatih, justru Ralf Rangnick belum pernah sekali pun merasakan gelar juara di sepak bola kasta tertinggi Jerman.

Meski Ralf Rangnick pernah membawa tim Hannover meraih prestasi di tahun 2004, namun Hannover hanya berhasil keluar sebagai runner-up.