Cara Kerja Kacamata Hitam Polarized, Beda dengan Filter UV

Kacamata hitam berguna salah satunya untuk mengurangi silau akibat sinar matahari. Pelajari bagaimana kacamata hitam jenis polarized bekerja di sini.

Jual Kacamata Hitam Polarized Magnesium Sunglasses Pria & Wanita Terbaru  November 2021 harga murah - kualitas terjamin | Blibli

source gambar : blibli.com

Ketika Anda sedang beraktivitas di siang hari, Anda biasanya akan merasa terganggu dengan silau cahaya Matahari. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan pelindung mata seperti kacamata hitam untuk mengurangi silau Matahari tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah cahaya dari satu tempat ke tempat lain, salah satunya adalah dengan memanfaatkan polarisasi cahaya. Kacamata hitam polarized bekerja dengan cara ini .

Polarisasi Cahaya

Cahaya pada dasarnya adalah gelombang. Anda dapat menggambarkannya sebagai gelombang laut yang permukaannya naik dan turun setiap waktu.

Namun bedanya, gelombang cahaya ini terkadang tidak hanya bergerak naik dan turun saja, tapi bisa ke arah kanan atau kiri dari arah gerak cahaya, atau bahkan ke kanan atas-kiri bawahnya. Ini terjadi salah satunya jika gelombang cahaya tersebut berasal dari Matahari.

Polarizer berfungsi untuk menyerap beberapa dari gelombang cahaya. Cara kerja perangkat ini sama seperti celah yang dilewati ikatan tali. Apabila tali digoyangkan seperti gelombang, celah tersebut hanya akan membiarkan gelombang tali merambat untuk satu arah goyangan saja.

Dalam kasus cahaya, misal, apabila cahaya datang dari arah yang tepat berhadapan dengan polarizer, cahaya akan lebih sulit menembusnya. Namun, apabila cahaya datang dari arah yang sedikit ke samping, cahaya akan lebih sulit menembus polarizer.

Konsekuensinya, apabila kacamata Anda sedikit miring ke arah kanan atau ke kiri Anda tidak dapat melihat apapun. Anda hanya dapat melihat benda tepat di depan kacamata itu saja.

Untuk kacamata jenis ini, lensanya berupa polarizer cahaya. Edwin Land pada tahun 1929 mematenkan bahan untuk polarizer cahaya yang berupa polyvinyl alcohol (PVA) dan iodin.

Bisakah Polarizer Cahaya Menangkal Sinar Ultraviolet?

Sinar ultraviolet (UV) sangat berbahaya apabila mengenai mata terlalu lama, karena dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada penglihatan seperti katarak. Namun, dapatkah kacamata yang memiliki polarizer cahaya ini mencegah sinar UV agar mengenai mata?

Singkatnya, jawabannya adalah tidak. Polarizer cahaya hanya menyerap cahaya berdasarkan arah datang cahaya saja, namun tidak dapat menyerap cahaya dengan spektrum frekuensi tertentu (biru, merah, dan lain-lain).

Oleh karena itu, agar kacamata dengan polarizer cahaya ini dapat menyaring sinar UV, anda tetap membutuhkan filter UV. Oleh karena itu, Anda harus tetap memastikan kacamata yang Anda ingin beli memiliki filter UV agar indra penglihatan Anda tetap terjaga.

Itulah bagaimana cara kerja dari kacamata hitam jenis polarized. Kacamata ini sangat berguna jika Anda cukup terganggu dengan silau Matahari di siang hari, namun Anda perlu mengetahui juga bahwa kacamata ini tidak dapat serta merta menyaring sinar UV tanpa filter yang sesuai.