5 Cara Jitu Tarik Perhatian Pelanggan Baru untuk Bisnismu

Selain modal, hal paling penting dalam bisnis tentu saja adalah pelanggan atau konsumen. Tanpa adanya pelanggan, bisnis pastinya akan sulit untuk bertahan, apalagi berkembang. Maka dari itu, strategi marketing untuk menarik perhatian pelanggan termasuk aspek paling penting yang harus dipikirkan dan direncanakan di awal sesuai dengan target market yang ingin disasar. 

Terlebih untuk bisnis yang baru dimulai, tantangan utama dalam pemasaran adalah bagaimana cara menarik perhatian calon konsumen agar melirik layanan atau produk yang kita jual. Tidak mudah, namun tidak begitu sulit juga. Sebab, di jaman sekarang, sudah cukup banyak cara pemasaran hingga inovasi yang bisa kita coba untuk bisa menarik perhatian pelanggan, di antaranya yaitu:

Bangun strategi media sosial yang mumpuni

Di era populernya media sosial seperti sekarang, bukan hanya bisnis online semata yang perlu memiliki akun dan membangun strategi branding yang mumpuni di media sosial. Bisnis offline pun perlu. Sebab, seperti yang kita tahu, media sosial bisa membantu kita menjangkau jutaan orang dalam sekali waktu. Ini tentunya akan sangat bagus bagi bisnis kita, terutama branding. Makin banyak orang kenal dan terpapar strategi media sosial yang kita posting, pelan-pelan dampaknya tentu akan terasa pada bisnis kita, meski offline sekaligus. 

Contoh: bisnis kuliner. Banyak sekali restoran atau tempat makan yang membangun strategi media sosial yang sangat jor-joran demi menggaet pelanggan baru untuk datang ke outletnya. Bisa dengan posting menu baru dengan foto yang menggugah selera, posting promosi atau kuis di media sosial yang mengajak followers untuk lebih engage, hingga mempublish beberapa info penting terkait bisnis seperti jam operasional. 

Adanya akun media sosial untuk bisnismu juga bisa menjadi bukti bahwa bisnismu nyata, bukan tipu-tipu, dan benar-benar eksis. Karena di jaman sekarang, selain search engine seperti Google, orang akan melakukan validasi untuk berbagai hal melalui media sosial. Termasuk bisnis atau brand dari produk yang menurut orang tersebut menarik. 

Bangun hubungan yang ramah dengan calon konsumen

Ketika akun media sosial bisnismu berhasil dibuat, strateginya sudah dieksekusi dengan baik, plus sudah banyak followers, maka jangan lupa untuk menjalin hubungan yang ramah dengan para followersmu. Misalnya dengan rutin membuat postingan yang meminta mereka berpartisipasi, komen, like, share, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membalas setiap pertanyaan yang masuk ke media sosial dengan sejelas-jelasnya dan seramah mungkin. Dengan begitu, peluang bisnismu dikunjungi atau mendapat pelanggan baru juga akan semakin terbuka lebar. 

Tapi, jangan juga hanya jadi ‘jagoan’ di media sosial. Kamu juga perlu membangun networking dan hubungan yang baik dengan konsumen di dunia nyata. Terlebih jika bisnismu adalah bisnis offline seperti kuliner atau tenant makanan. Pelayanan yang baik dan keramahan dalam komunikasi sangat diperlukan agar bisnismu mendapat kesan yang baik dari pelanggan. Makin baik kesan yang didapat, akan makin besar peluang bisnismu menerima mouth to mouth marketing gratis dari pelanggan ke kolega atau teman-temannya untuk ikut mencoba beli produkmu.

Gunakan beberapa channel pemasaran yang dekat dengan target market

Selain media sosial, kamu juga bisa mencoba beberapa channel pemasaran lain yang sekiranya digunakan atau dekat dengan target marketmu. Contoh, kalau target marketmu adalah milenial yang berumur 25-30 tahun ke atas, maka pertimbangkan untuk menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaranmu. 

Sebab, milenial dengan rentang umur tersebut biasanya sangat aktif dalam mengecek email setiap harinya. Baik untuk pekerjaan maupun aktivitas lain. Dengan mengirimkan email, peluang bisnismu dilirik oleh target marketmu juga semakin besar. 

Namun, untuk email marketing, pastikan kamu mengirimi email ke database yang didapat secara legal ya. Misalnya, dengan menjalankan advertising di Facebook atau Google yang meminta orang untuk subscribe, dan lain sebagainya. Bukan dengan membeli sejumlah data, lalu dikirimi email. Sebab, ini berpotensi untuk menurunkan citra bisnismu. 

Buat promosi, giveaway, atau kuis berhadiah

Salah satu cara termudah untuk mendapat pelanggan baru adalah dengan mengadakan aneka jenis promosi, baik secara online maupun offline. Misalnya, paket bundling, giveaway, atau kuis yang berhadiah produkmu. Meski tidak spesifik berdampak pada penjualan, tipe promosi seperti giveaway atau kuis berhadiah akan berguna untuk meningkatkan awareness orang terhadap bisnismu. 

Namun, seperti yang kita tahu, mengadakan promosi tentu saja memerlukan biaya yang kadang juga tidak sedikit. Maka dari itu, jika ingin menjalankan strategi ini, kamu perlu menyesuaikan bujetnya dengan margin dan hitung-hitungan bisnis yang sesuai supaya nggak boncos!

Sediakan sample produk bisnismu secara gratis untuk dicoba konsumen

Supaya calon pelanggan tertarik untuk mendekat dan mencoba produkmu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan sample produk secara gratis. Misalnya, jika kamu menjual aneka snack dan minuman di booth, sediakan sampel dari snack tersebut dalam porsi kecil yang sekiranya cukup untuk menggugah selera calon konsumen. Dengan begitu, calon konsumenmu akan lebih tertarik dan penasaran yang pada akhirnya akan membeli produkmu secara utuh. 

Butuh tambahan modal untuk bisnismu? Cobain Kredivo, bisa cair dalam sehari lho!

Buat kamu yang sedang mencari tambahan modal bisnis, baik untuk modal utama maupun untuk promosi, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman produktif ke aplikasi pinjaman online cepat cair terbaru yang sudah terdaftar di OJK. 

Yang berbunga rendah dan opsi tenornya panjang, ada Kredivo yang bisa kamu cobain. Aplikasi pinjaman online yang satu ini lumayan populer karena fasilitas kreditnya yang beragam. Ditambah, limit yang bisa diberikan juga lumayan besar, maksimal s.d Rp 30 juta. 

Pinjaman tunai, adalah salah satu fitur kredit di aplikasi Kredivo yang paling menarik. Kita bisa ajukan pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan seperti modal usaha, mulai dari 500 ribu sampai dengan puluhan juta. Yang buat menarik, untuk tujuan produktif seperti modal usaha, nggak ada survei atau proposal bisnis yang perlu diunggah. Cukup daftar akun Kredivo, dapat limit, lalu pinjaman bisa diajukan. 

Bunga yang diterapkan Kredivo hanya 2,6% per bulan untuk pinjaman. Tenornya tersedia mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Berikut ini simulasi pinjaman modal usaha pakai Kredivo dengan nominal pinjaman Rp 3 juta. 

  1. Jumlah pokok pinjaman Rp 3 juta. Tenor yang dipilih adalah 6 bulan. 
  2. Biaya admin pinjaman sebesar 6% atau Rp180.000 (memotong pencairan)
  3. Jumlah pinjaman yang akan diterima atau cair adalah sebesar Rp2.820.000. 
  4. Angsuran per bulan sebesar Rp578.000 selama 6 bulan, sudah termasuk bunga. 

Pinjaman di Kredivo bisa cair dalam waktu 1 hari kerja sejak pengajuan disetujui. Tertarik untuk mencobanya? Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk mendaftar!