Yuk, Kita Pahami Cara Membuat NPWP Secara Online

cara-membuat-npwp-online

Mungkin kita sudah sering mendengar kata NPWP. Ya, kata NPWP itu sendiri adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yang berupa nomor seri yang digunakan untuk badan perpajakan dalam mengidentifikasi serta sarana untuk memotong pajak bagi wajib pajak yang berlaku secara pribadi maupun badan. Ketentuan tersebut juga sudah sesuai dengan Undang-undang no 28 tahun 2017 perubahan ketiga atas Undang-undang no 6 tahun 1983, tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan.

Terlepas dari semua hal itu, bisa dikatakan bahwa hampir seluruh administrasi umum seperti pebankan sangat membutuhkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Mengapa demikian? Pasalnya, NPWP itu sendiri berguna untuk melakukan transaksi atau pergi jalan-jalan ke luar negeri. Di samping itu, NPWP juga merupakan salah satu syarat yang diberlakukan oleh perusahaan kepada para calon pelamarnya. Tak hanya sampai disitu saja, manfaat NPWP ini juga bisa kita gunakan untuk mengajukan kartu kredit ke berbagai Bank yang ada lho. Cara membuat NPWP ini bisa kita lakukan baik secara online maupun offline. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan mengulas seputar tata cara membuat NPWP online saja. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya dibawah ini :

  1. Pertama-tama, silahkan buka situs https://ereg.pajak.go.id, kemudian pilih daftar.
  2. Jika sudah selesai melakukan registrasinya, nanti akan mendapatkan email lalu klik link yang sudah tersedia pada email tersebut.
  3. Selanjutnya isi data pendaftaran akunmu, kemudian kembali cek email-nya dan klik lagi link yang disediakan untuk melanjutkan aktivasi.
  4. Jika sudah mendapatkan akunnya, silahkan log in terlebih dahulu untuk pengisian data dan formulir NPWP online. Berikut tahap-tahap yang harus kamu ketahui :

* Kategori Wajib Pajak

Isilah sesuai dengan kategorinya yang sesuai dengan ada yang dikolom tersebut.

* Identitas Wajib Pajak

Jika pengisian kategori wajib pajaknya sudah selesai, maka anda harus mengisi identitas wajib pajaknya yang sesuai dengan kolom tersebut.

* Penghasilan Wajib Pajak

Tahap yang berikutnya, yakni anda akan diberikan 4 menu pilihan jenis pekerjaan yang diantaranya adalah hubungan kerja (PNS, BUMN, pegawai, karyawan swasta, dan sebagainya), wiraswasta, pekerjaan bebas, dan freelance.

* Meminta Token

Jika semuanya sudah selesai, silahkan klik “Finish” pada menu NPWP online, lalu klik tombol “minta token” dan selesai sudah.

Itulah cara membuat NPWP secara online yang harus kamu ketahui. Dengan demikian, kamu pun tidak perlu capek-capek untuk langsung datang ke tempat Perpajakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *