Wajib Tahu: 5 Biaya yang Biasa Menyertai Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama dari cicilan tanpa kartu kredit terletak pada kata “tanpa”. Di mana kini, orang bisa dengan mudah mendapat barang impiannya untuk dicicil tanpa perlu susah payah punya kartu kredit. Bisa langsung download aplikasi cicilan tanpa kartu kredit kayak Kredivo, daftar, kalo disetujui maka langsung deh bisa transaksi. 

Saking mudahnya, banyak orang cenderung tidak hati-hati dan asal menggunakan cicilan tanpa kartu kredit tanpa memelajari biaya-biaya yang menyertai di dalamnya. Padahal, sama halnya dengan kartu kredit atau layanan kredit lainnya, biaya yang menyertai cicilan wajib diketahui dan diperhitungkan di awal. Dengan begitu, kamu bisa membandingkannya juga dengan kemampuan finansialmu dan tidak merasa kaget atau terbebani dengan biaya yang muncul di kemudian hari. 

Nah, berikut ini adalah 5 biaya yang biasanya ada pada cicilan tanpa kartu kredit. Buat kamu yang berencana nyicil pakai aplikasi fintech, yuk simak!

 

DP atau uang muka

Layanan cicilan tanpa kartu kredit umumnya digunakan untuk mencicil barang ataupun akomodasi seperti tiket pesawat, tiket kereta, atau hotel. Ada juga layanan cicilan tanpa kartu kredit yang sifatnya pinjaman tanpa jaminan. Jadi, pengguna bisa mencairkan limit yang dimilikinya dalam bentuk pinjaman dan membayar dalam bentuk cicilan sesuai tenor yang dipilih. 

Karena fungsi dan kemudahan yang ditawarkan, layanan cicilan tanpa kartu kredit biasanya menerapkan sistem DP atau uang muka untuk berbagai jenis produk. Terutama produk fisik seperti gadget. Persentase DP atau uang muka akan berbeda-beda sesuai dengan harga barang, limit yang dimiliki, tenor yang dipilih, atau kebijakan dari fintech terkait. Biasanya berkisar mulai 10% sampai 20% dari harga barang yang ingin dicicil. 

Meski demikian, ada juga aplikasi cicilan tanpa kartu kredit yang tidak memerlukan DP, seperti Kredivo. Yang perlu kamu lakukan cukup daftar akun, tunggu hingga diapprove, lalu kamu bisa menggunakan Kredivo untuk transaksi jika sudah memiliki limit. Baik itu cicilan ataupun transaksi dalam 30 hari tanpa bunga. 

Bagi sebagian orang, uang muka atau DP bisa memberatkan. Oleh karena itu, pastikan kamu memelajari lagi aplikasi fintech pilihanmu sebelum menggunakannya untuk cicilan ya. 

 

Suku bunga cicilan

Selain DP, biaya kedua yang paling penting untuk diketahui dalam cicilan tanpa kartu kredit adalah suku bunga. Sebab, suku bungalah yang akan menentukan besar kecilnya angsuran yang harus kamu bayar per bulannya. 

Berbeda dengan kartu kredit yang mengikuti suku bunga acuan BI, cicilan tanpa kartu kredit biasanya memiliki suku bunga lebih tinggi. Ini disebabkan oleh risiko kreditnya yang juga tinggi karena tanpa jaminan dan daftarnya mudah. Pastikan kamu mengetahui informasi perihal suku bunga di awal, apakah tetap atau mengambang. Kalau perlu, sekalian dengan simulasi cicilannya. 

Kamu juga bisa membandingkan suku bunga cicilan di aplikasi satu dengan yang lain. Lalu, pilih yang terbaik yang sesuai dengan kapasitasmu. Salah satu aplikasi cicilan online tanpa kartu kredit yang punya bunga rendah adalah Kredivo. Di mana kamu bisa cicilan dengan tenor 6 dan 12 bulan hanya dengan bunga 2,6% per bulan tanpa uang muka. Plus, kamu bisa juga menggunakan cicilan bunga 0% jika memilih tenor 30 hari atau 3 bulan dengan Kredivo. Hanya dengan minimum pembelanjaan sebesar Rp 500 ribu! 

 

Biaya admin 

Meski jumlahnya sedikit, biaya admin biasanya menjadi biaya wajib yang pasti ada dalam pengambilan cicilan. Persentase biaya admin juga akan berbeda-beda tergantung dengan jenis cicilan, harga barang, ataupun kebijakan fintech terkait. Maka dari itu, penting untuk bisa mendapatkan simulasi cicilan di awal agar kamu bisa tahu pasti berapa total transaksi yang akan dibulatkan menjadi cicilan. 

 

Biaya layanan merchant

Serupa dengan biaya admin, biaya layanan merchant umumnya juga jadi salah satu biaya yang ada dalam cicilan tanpa kartu kredit. Layanan cicilan tanpa kartu kredit biasanya menggandeng beragam merchant sebagai mitra. Seperti Kredivo yang menggandeng 1000+ merchant online dan offline. Ada Blibli, Tokopedia, IKEA Online, McDonald, sampai Alfamart. Jangan khawatir, biasanya biaya yang satu ini sangat kecil jumlahnya jika dibandingkan biaya admin. Tapi, tetap harus diteliti dan diperhatikan, ya!

 

Biaya denda keterlambatan

Yang terakhir dan nggak kalah pentingnya adalah biaya denda keterlambatan. Biaya ini adalah biaya yang pasti akan dibebankan ke kamu jika terlambat membayar angsuran dari jatuh tempo yang sudah ditentukan. Biasanya, cicilan tanpa kartu kredit memiliki biaya denda keterlambatan yang lebih besar dibanding kartu kredit. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui informasi ini di awal agar bisa mengantisipasinya. Dan yang terpenting, jika sudah ambil cicilan, usahakan untuk selalu bayar tepat waktu. Sebab, riwayat pembayaranmu pada cicilan tanpa kartu kredit tetap akan tercatat dan membentuk skor kreditmu, lho.