Wah, Infeksi Virus Membuat Manusia Cerdas?

Inveksi Virus Membuat Manusia Cerdas?

Dari jutaan pasangan basa nitrogen yang menyusun genom manusia, terdapat gen-gen virus yang ikut diturunkan selama beribu tahun periode evolusi manusia. Gen-gen virus tersebut didapat dari infeksi virus, terutama retrovirus, dan diduga membantu pembangunan jaringan syaraf kompleks pada otak manusia.

Ilmuwan telah menemukan suatu bukti bahwa infeksi rertro virus-lah yang menjadi faktor utama perkembangan otak terutama bagaimana gen-gen yang berkaitan dengan kapan dan gen manakah, terutama gen yang berkaitan dengan kecerdasan diregulasi dan diekspresikan.

Infeksi virus, terutama retrovirus ternyata memiliki keterkaitan dengan perkembangan kecerdasan manusia
Infeksi virus, terutama retrovirus ternyata memiliki keterkaitan dengan perkembangan kecerdasan manusia (Image cortesy of: turbosqiud.com)

Gen Retrovirus dan Evolusi Kecerdasan Manusia

fakta bahwa gen retrovirus tersisip pada genom manusia sebanyak 5% telah lama diketahui oleh ilmuwan. gen yang didapat saat terjadi infeksi virus tersebut awalnya digolongkan sebagai junk DNA yang tidak memiliki fungsi vital dalam tubuh, dan hanya dianggap sebagai efek samping dari proses evolusi manusia.

Pada hasil penelitian terbaru yang dilakukan Johan Jakobson dkk, ditemukan bahwa infeksi retrovirus memiliki fungsi penting dalam perkembangan dasar fungsi otak, terutama, seperti yang telah dijelaskan pada paragraf atas, dalam kontrol ekspresi gen. Infeksi virus seperti yang disimpulkan oleh tim peneliti tersebut memegang peranan penting dalam kontrol aktivitas sel. Alasan utama mengapa retrovirus aktif dan memiliki peran spesifik pada jaringan otak karena gen virus cenderung tidak mampu membentuk tumor pada jaringan syaraf yang telah terspesialisasi.

Kesimpulan

Ilmuwan telah menemukan suatu bukti bahwa infeksi rertrovirus-lah yang menjadi faktor utama perkembangan otak terutama bagaimana gen-gen yang berkaitan dengan kapan dan gen manakah, terutama gen yang berkaitan dengan kecerdasan diregulasi dan diekspresikan.

Daftar Pustaka

Lund University. (2015, January 12). Do viruses make us smarter?. ScienceDaily. Retrieved January 13, 2015 from www.sciencedaily.com/releases/2015/01/150112093129.htm

Download Jurnal Artikel Retrovirus dan Perkembangan Syaraf Lengkap .pdf

[gview file=”http://www.cell.com/cell-reports/pdf/S2211-1247(14)01015-8.pdf” save=”1″]

Comments 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *