Trend Pakaian Wanita Dari Masa ke Masa. Mana Gaya Pilihanmu?

Trend baju atasan wanita dari masa ke masa selalu berubah dan selalu menarik untuk diikuti. Pada tiap periodenya, ada ciri khas khusus yang menjadikannya berbeda dan unik.

Meski demikian, trend fashion selalu berulang. Apa yang pernah menjadi trend pada suatu periode, seringkali menjadi inspirasi untuk diangkat dan digarap kembali secara apik oleh para desainer handal menjadi trend terkini.

  • Periode 1920-an

Periode ini merupakan awal dari revolusi fashion, setelah tahun-tahun sebelumnya pakaian wanita banyak didominasi oleh gaun-gaun lebar dengan penggunaan korset ketat di dalamnya.

Gaun berpotongan lurus cenderung longgar dengan jenis kain yang flowy dan potongan pinggul rendah menjadi trend di periode ini. Para wanita pun mulai berani mengenakan pakaian sepanjang betis atau lutut.

  • Periode 1930-an

Berbeda dengan periode 1920-an, pada periode ini para wanita semakin berani mengenakan gaun berpotongan ketat yang menunjukkan lekuk tubuh mereka. Kain yang digunakan pun berbeda. Kain yang tebal kini menjadi pilihan.

  • Periode 1940-an

Perang Dunia II yang terjadi pada periode ini turut mempengaruhi trend fashion yang ada. Pakaian wanita yang praktis seperti kemeja, denim, dan scarf sebagai pengikat kepala menjadi populer. Warna-warna yang digunakan pun beralih. Apabila pada periode sebelumnya warna cerah dan lembut menjadi pilihan, maka pada periode ini warna-warna gelap seperti hitam, coklat, navy, serta hijau gelap lebih banyak digemari.

  • Periode 1950-an

Usai Perang Dunia, industri tekstil sintetis mulai naik daun. Sedikit dipengaruhi oleh trend 1920-an, trend pakaian wanita pada periode ini sedikit banyak mengacu pada gaya Marilyn Monroe yang glamour dan sensual.

  • Periode 1960-an

Dipengaruhi oleh politik yang kian memanas akibat terjadinya Perang Vietnam dan terbunuhnya JFK, trend fashion pada periode ini bergaya bebas dan longgar serta didominasi oleh motif floral yang berwarna-warni.

Gaya bohemian ini dianggap mewakili ekspresi kebebasan dan kerinduan akan adanya perdamaian dunia, dan diadopsi serta terus digunakan oleh kaum hippies dari masa ke masa.

  • Periode 1970-an

Periode 1970-an terpecah menjadi dua trend fashion yang berbeda : disko dan punk. Meski ada juga yang berkiblat pada gaya punk yang didominasi tampilan serba gelap, trend pakaian wanita pada masa ini lebih banyak dipengaruhi oleh gaya disko. Celana cutbray, hotpants, baju ketat berwarna-warni, serta berbagai aksesoris yang eye catching menjadi item yang wajib dimiliki pada masa itu.

  • Periode 1980-an

Trend fashion pada periode ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan dari periode 1970-an. Hanya saja gaya punk mulai digantikan oleh kemunculan aliran New Wave yang dianggap lebih menarik.

Sementara gaya disko masih tetap bertahan, dengan penambahan sepatu kets / sneakers serta celana dan jaket olahraga yang gombrong.

  • Periode 1990-an

Aliran music grunge dan pop yang booming pada periode ini juga mempengaruhi trend fashion yang ada. Pakaian wanita didominasi celana maupun rok denim yang dikenakan bersama kaos. Gaya berbusana periode 1990-an memang cenderung lebih simple.

  • Periode 2000-an

Awal periode 2000-an, trend pakaian wanita banyak dipengaruhi oleh lahirnya era millennium. Gaya busana futuristik dengan nuansa warna silver mendominasi.

Namun pada pertengahan 2000-an, gaya ini tergantikan oleh lahirnya gaya gothic yang sedikit banyak dipengaruhi gaya punk dari periode 1970-an. Pakaian serba hitam, sepatu booth, serta make up serba gelap menjadi pilihan banyak wanita pada periode ini.

  • Periode 2010-an

Periode 2010-an hingga 2019 ini belum muncul trend fashion dengan keunikannya sendiri. Pakaian wanita yang digunakan maupun yang menguasai pasar fashion masih merupakan pengulangan dari periode-periode sebelumnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, trend fashion selalu berulang. Apabila dipadupadankan secara tepat, pakaian wanita yang pernah menjadi trend pada periode lalu pun bisa tampil modern dan mengesankan. Pilihlah mana yang paling anda suka, dan ciptakan trend terbaru anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *