Ternyata Tumbuhan Mengenali Serangga Penyerangnya!

 Bagaimana Cara Tumbuhan Merespon Serangan Serangga?

Dalam beberapa penelitian, ilmuwan berusaha mengetahui bagaimana tumbuhan merespon serangan musuh. Hasil pengematan yang dilakukan pada tumbuhan Arabidopsis mendapat hasil yang mencengangkan. Ternyata tumbuhan mampu mengenali dan memberikan respon berbeda pada tiap jenis serangga yang menyerang mereka!

Dalam penelitian tercanggih untuk bidang ini, yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan dari niversity of Missouri Bond Life Sciences Center, beberapa waktu yang lalu berhasil diamati jenis dan ekspresi gen pada tumbuhan yang bertanggung jawab terhadap serangan musuh.

“Terdapat 28,000 gen pada tumbuhan dan Kami menemukan 2,778 genesyang bertanggung jawab terhadap respon tumbuhan tersebut terhadap serangga penyerang spesifik,” Jelas Jack Schultz, direktur Bond LSC  dan co-author dari penelitian tersebut. “Bayangkan Anda hanya mempelajari beberapa dari gen tersebut, Anda hanya akan mendapat gambaran yang tidak lengkap dan tidak dapat menggambarkan kompleksivitas dari rangkaian respon tersebut. Studi yang Kami lakukan adalah studi yang paling komprehensif dalam bidangnya dan Kami mencoba menarik kesimpulan untuk membantu ilmuwan lain menyelesaikan fenomena ini,” tambah J. Schultz.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, serangan dari satu jenis serangga hama pada tumbuhan akan direspon secara berbeda. Contohnya, respon tumbuhan yang diserang oleh ulat akan berbeda dengan serangan kutu daun (Aphid). Selain itu, tumbuhan bahkan dapat memberikan respon beda pada serangga yang metode makannya sama. Masing-masing serangan serangga akan memicu kenaikan respon berupa ekspresi gen dan produksi jasmonat dan etilen yang bertanggung jawab pada respon tumbuhan pada serangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *