Tahap Perkembangan Bayi Dari 0 Sampai 4 Bulan

Mengamati tahap kembang bayi Anda hal yang penting bagi Anda para orang tua. Bahkan Anda dapat membuat catatan mengenai tahap perkembangan bayi Anda. Karena dengan ini Anda akan paham apakah anak Anda dalam usianya mampu melakukan hal yang seharusnya para bayi lakukan pada saat usia tersebut. Dengan mengetahui tahapan dari perkembangan bayi maka Anda akan menjadi lebih paham dan dapat memantau perkembangan bayi Anda. Karena banyak faktor para orang tua yang tidak paham kalau anaknya mengalami cacat hanya karena para orang tua belum paham bagaimana tahap dari perkembangan bayi. Maka dari itu apabila Anda telah paham dengan tahap tersebut maka apabila terjadi keterlambatan maka Anda dapat menanyakan kepada dokter sebelum menjadi masalah yang lebih besar. Tahapan yang paling penting dari bayi adalah pada saat baru lahir sampai berumur 4 bulan.

Bayi yang umur 0 bulan sampai 4 bulan adalah tahapan pertama. Dan pada masa ini bayi mengalami berbagai macam perubahan yang Anda harus tahu. Dan tahapan tersebut adalah:

  1. 0 bulan

Pada saat bayi berumur 0 bukan atau pada saat bayi baru lahir, maka pada usia ini bayi akan masih sangat sensitif dalam segala hal. Dan beberapa indra bayi masih belum bekerja dengan normal. Seperti mata, telinga dan lidah. Anda harus selalu membuat bayi Anda merasa hangat.

  1. 1 bulan

Dan setelah satu bulan, bayi Anda menjadi lebih peka terhadap respon. Terutama respon mata. Bayi Anda akan mulai untuk berkedip pada saat Anda mendekati mata bayi Anda.

Tidak hanya respon mata saja, namun respon kulit dari bayi Anda juga mulai bekerja karena pada saat umur satu bukan bayi akan kaget apabila Anda membasuhnya menggunakan air pada saat mandi. Dan tahap perkembangan bayi pada umur 2 bulan adalah bayi sudah dapat mengangkat kepala. Serta bayi Anda dapat mengenali suara Anda dan akan senang apabila di dekat Anda.

Sehingga pada saat umur 2 bulan ini maka bayi sudah dapat mengenali suara dan wajah Anda. Dan untuk tahap selanjutnya adalah:

  1. 3 bulan.
  2. Pada tahap 3 bulan ini maka bayi Anda sudah mulai belajar merangkak.
  3. 4 bulan mulai dapat makan sendiri.

Sedangkan pada saat usia bayi 4 bulan maka bayi Anda sudah dapat makan sendiri walaupun masih belepotan.

Pada usia 3 sampai 4 bulan ini adalah tahap perkembangan bayi yang sangat cepat. Sehingga Anda harus selalu memperhatikan bayi Anda ke bayi Anda menjadi lebih lincah. Bayi sudah mulai gemar memasukkan apa saja ke mulutnya. Sehingga hal ini harus selalu Anda waspadai agar lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan dari pencernaan bayi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *