Spesifikasi dan Review PS 5

Sebelum PS5 Dirilis, Cek Dulu Daftar Aksesori dan Game Serunya

Playstasio 5 akhirnya sudah dirilis, meskipun PS5 adalah upgrade yang signifikan setelah PS, dengan desain yang baru, dukungan resolusi yang lebih unggul dan lebih cepat penyimpanan ke ssd, ps5 adalah konsol yang lebih baik dari ps4 dalam segala hal baik dari spesifikasi hingag detail desain sampai game-game yang bisa dimainkan di konsol ini. bahkan jika kita sekilas melihat ps5 dan ps4 kalian bisa melihat spesifikasi ps5 jauh lebih unggul dibandingkan dengan ps4. Sony telah meningkatkan kapabilitas platformnya dalam segala hal, beberapa diantaranya yaitu menambahkan penyimpanan yang lebih efisien, komponen komputasi yang lebih cpat, dukungan untuk disk berkapasitas yang lebih besar dan dukungan untuk resolusi yang lebih tinggi. Ada 2 veris dari ps5 ini yaitu edisi standard an edisi digital. Keduanya memiliki spesifikasi yang sama kecuali penghilangan drive disk pada edisi digital.

Pada artikel kali ini kami akan memperlihatkan spesifikasi PS4 dan PS5 sebagai perbandingan.

Spesifikasi PS4

  • CPU

8 jaguar core, 1.6 GHz

  • GPU

18 CU pada 800 MHz, 1,84 TFPS

  • Penyimpanan

8 GB GDDR5

  • Penyimpanan internal

500GB, HDD 1 TB

  • Penyimpanan external

HDD 2,5 inci, HDD USB

  • Drive optik

Blu-ray

  • Vide output

1080 p

Spesifikasi PS5

  • CPU

8-core, 16 thread, hingga 3,5Ghz
(frekuensi variabel)

  • GPU

36 CU pada 2.23GHz, 10.3 TFLOP
(frekuensi variable

  • Penyimpanan

16 GB GDDR6

  • Penyimpanan internal

SSD 825GB khusus

  • Penyimpanan external

Slot NVMe SSD, HDD USB

  • Drive optik

Blu-ray Ultra HD

  • Vide output

4K pada 120Hz, 8K

Diatas kalian bisa lihat spesifikasi yang dimiliki oleh PS4 dan PS5, penting untuk mempertimbangkan konteks spesifikasi ini. PS5 adalah konsol yang jauh lebih baru yang dibangun di atas dessain yang sangat berbeda dank arena itu beberapa spesifikasi tidak boleh dibandingkan secara langsung. Misanya PS5 dan PS4 memiliki jumlah unit komputasi (CU) yang sama, tetapi CU PS5 memiliki kepadatan transitor yang jauh lebih tinggi sehingga membuatnya lebih bertenaga daripada CU PS4. Meski begitu, spesifikais lain bisa langsung dibandingkan. PS5 memiliki drive oprik dan dukungan respolusi yang lebih baik.

Grafik PS4 dan PS5

PS4 dan PS5 keduanya didasarkan pada chip AMD Radeon khusus. Sony memberikan dua kali lipat jumlah CU pada PS5, serta kecepatan clock yang jauh lebih tinggi. Namun, perbedaan terbesar antara keduanya terletak pada TFLOP yang selalu penting. “Teraflops” adalah istilah populer untuk pengembang konsol. Meskipun TFLOPS tidak secara holistik menunjukkan kinerja, ini adalah angka yang solid saat membuat perbandingan. PS4, dengan 18 CU yang berjalan pada 800MHz, clock pada 1,84 TFLOPS, yang berarti dapat menangani 1,84 triliun operasi floating-point per detik. Sebaliknya, GPU PS5 memiliki peringkat 10,3 TFLOP. Mengacu pada angka tunggal itu, GPU PS5 kira-kira delapan kali lebih kuat daripada PS4 dan dua setengah kali lebih bertenaga daripada PS4 Pro. Sony mampu mencapai kinerja setinggi itu karena 36 CU PS5 dan kecepatan jam yang lebih tinggi. Inti PS5 berjalan pada 2.23GHz dengan frekuensi variabel. Singkatnya, kemampuan grafis PS5 jauh lebih mengesankan daripada PS4. GPU PS5 akan memiliki lebih banyak inti, dan inti tersebut akan lebih cepat dan lebih efisien

Itulah kelebihan yang dimiliki oleh PS5 dibandingkan dengan PS4, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian jika kalian ingin membandingkan PS5 dan PS4. Harga PS5 di indonesia yakni sekitar 7,3 juta yang akan diliris secara resmi di awal tahun 2021 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *