Resep dan Cara Membuat Kue Kacang Sendiri Untuk Lebaran

Resep Membuat Kue Kacang Teflon, Renyahnya Bikin Ketagihan

Marhaban ya ramadhan, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Setelah berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadhan, kita akan mengakhirinya dengan idul fitri. Di Indonesia sendiri idul fitri tidak akan lengkap tanpa adanya kue kering khas Indonesia, salah satunya adalah kue kacang. Kue kacang merupakan salah satu dari banyak kue kering tradisional khas Indonesia lainnya. kue kering khas perayaan besar di Indonesia, memang seringkali membuat kangen karena rasanya yang lezat dan otentik banget. Pada artikel kali ini kami akan memberikan cara membuat kue kacang yang pastinya enak dan mudah banget! Kaian pasti akan sangat senang mencoba resep ini, dan kalian memang harus mencoba sekai-sekai untuk membuat kue lebaran sendiri dirumah. Kue kacang merupakan kue yang memiliki tekstur crumble dan akan meleleh di mulut, memang khas untuk kue ini kita harus memastikan bahwa kue benar-benar dingin hingga suhu kamar sebelum kita memindahkan kue pada toples. Yuk langsung saja kita cek bahan dan jug acara membuat kue kacang ini!

bahan-bahan yang digunakan:

  • 400 gr tepung AP
  • 250 gr kacang panggang – kulit dihilangkan
  • 150 gr gula
  • 2 sdm susu bubuk (opsional)
  • 1 sdt garam halus
  • ¼ sdt vanilla bubuk 
  • 200 gr minyak goreng 

Untuk topping:

  • 2 kuning telur
  • 1 Tbsp margarin (İ gunakan 2 sdm minyak)
  • irisan almond / kacang panggang (opsional)

cara membuat:

  1. Panaskan oven pada 160 ° C dan panggang kacang tanah selama sekitar 15 menit. Langkah ini opsional karena resep asli tidak menyebutkan untuk merebus atau memanggang kacang, tetapi saya ingin membawa kacang saya kembali “hidup” lagi dan aromatik.
  2. Tuang kacang panggang dengan setengah bagian gula ke dalam food processor dan lakukan  sampai halus
  3. Pindahkan kacang halus ke dalam mangkuk besar dan tambahkan bahan lain kecuali minyak . Kemudian sedikit demi sedikit tuangkan minyak. Campur dan cobalah untuk menguleni sambil menambahkan minyak sampai Anda mendapatkan adonan berminyak dan bisa dibentuk. Jumlah minyak dapat bervariasi tergantung pada kondisi adonan Anda, Anda mungkin perlu lebih sedikit atau lebih dari resep di atas. Yang penting adalah adonan Anda tidak boleh kering dan bentuknya bisa indah. Tutup dengan bungkus plastik dan simpan di lemari es  ± 1 jam.
  4. Pra panas oven pada 140 ° C atau 160 ° C, tergantung pada oven Anda sendiri. Gunakan rolling pin untuk meratakan adonan kue. Letakkan adonan di antara film plastik atau kertas perkamen saat Anda bekerja. Gulung setebal sekitar 1,5-2 cm. Potong adonan menggunakan pemotong kue bentuk hati, tentu saja Anda dapat menggunakan bentuk lain tetapi secara tradisional bentuk hati atau bunga umum untuk kue kacang ini.
  5.  Campur kuning telur dengan minyak. Atur kue di atas nampan kue yang dilapisi kertas roti dan olesi dengan campuran kuning telur lalu taburi dengan irisan almond, dorong almond dengan lembut sehingga akan menempel di kue. Panggang sekitar 30 hingga 40 menit hingga berwarna keemasan dan renyah. 

Catatan: kenali kondisi oven Anda sendiri, oven yang berbeda mungkin memberikan hasil yang berbeda. Biarkan kue dingin sampai suhu kamar sebelum disimpan ke dalam toples kedap udara. Kue ini sedikit mudah hancur, oleh karena itu saat mengangkat dan memindahkan kue pada toples sebaiknya berhatihati. Selamat memanggang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *