Pengobatan Kanker Dengan Brokoli

Mengenal Sulforaphane, Senyawa Antikanker Brokoli

Sulforaphane adalah senyawa sulfur organik dalam kelompok isothiocyanate yang banyak ditemukan pada tumbuhan kelompok Cluciferaceae (Brassicaceae) terutama kecambah brokoli (Brassica oleracea). Senyawa ini menarik ilmuwan karena sifatnya yang memiliki waktu paruh lama dalam tubuh manusia dan dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik.  Selain itu, sulfaraphane juga memiliki potensi sebagai agen pengobatan kanker, penyakit degeneratif syaraf serta penyakit kerusakan ginjal akibat diabetes. Selain itu, senyawa sulfur ini juga memiliki potensi sebagai agen neuroprotektif (Sumber klik link ini).

pengobatan kanker dengan brokoli
Senyawa sulforaphane pada brokoli berpotensi menjadi promadona baru pengobatan kanker

Mekanisme Pengobatan Kanker Oleh Sulfaraphane Brokoli

Hasil penelitian terbaru telah mengidentifikasi salah satu mekanisme kerja kunci siat antikanker pada sulforaphane. Selain sebagai pencegah kanker, senyawa sulfur pada tanaman Brassicaceae ini berpotensi sebagai agen kemoterapi kanker prostat stadium lanjut. Senyawa sulfaraphane ini menghentikan penyebaran kanker dengan mengaktifkan kembali gen kanker supressor pada hewan uji, hingga pertumbuhan kanker yang cepat dan tak terkendali dapat dihentikan.

Selain itu, diduga bahwa Sulforaphane mempengaruhi metabolisme sel kanker dan mampu membunuhnya. Di dalam studi-studi laboratorium, sulforaphane telah menunjukkan toksisitas pada sejumlah jalur sel kanker manusia, termasuk kanker prostat, payudara, ovarium, usus besar dan pankreas. Pada hewan percobaan, sulforaphane mampu menurunkan metastasis kanker prostat.

Download Jurnal Penyokong Artikel “Pengobatan Kanker Dengan Brokoli”

Anda dapat mendownload jurnal ilmiah yang kami gunakan untuk menyusun artikel ini secara gratis. Semoga dapat membantu proses belajar Anda atau proses pembuatan karya ilmiah Anda, terutama program kreativitas mahasiswa (PKM-P) bidang kesehatan.

[gview file=”http://www.researchgate.net/profile/Shawn_Clouthier/publication/43133916_Sulforaphane_a_dietary_component_of_broccolibroccoli_sprouts_inhibits_breast_cancer_stem_cells/links/0912f5072b96798db0000000.pdf” save=”1″]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *