Monyet Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Sama Dengan Manusia

Seperti layaknya keluarga hominidae tingkat tinggi, monyet memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap segala fenomena alam disekitarnya. Riset terbaru yang dilakukan oleh Tim Peneliti University of Rochester telah mengukur bagaimana cara monyet mencari informasi baru, meski informasi yang didapat oleh monyet tidak semuanya menguntungkan. 

Penemuan tersebut membuka paradigma baru tentang area spesifik otak monyet dan manusia yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan. Bahkan, diharapkan pula dapat sekaligus mengetahui cara melawan penyakit syaraf dan kecanduan terhadap obat-obatan pada manusia.
Pada studi yang telah dipublikasikan di jurnal Neuron, monyet-monyet diuji dengan berbagai video game yang memberi pelajaran agar mereka memilih jawaban yang benar, serta memenangkan hadiah berupa jus atau air, meski sebenarnya mereka menerima informasi tersebut langsung, mereka tidak memilih winning way tersebut.

“Saat monyet memilih diantara memilih informasi tersebut atau tidak, monyet tersebut memiliki preferensi untuk mendapatkan informasi tersebut terlebih dahulu. Dan apa yang menjadi tujuan kami adalah mengukur besar preferensi tersebut,” jelas  first author dan pimpinan tim peneliti, Tommy Blanchard, seorang kandidat penerima gelar  Ph.D. di Hayden’s lab.
Tim ilmuwan tersebut menemukan bahwa monyet tidak konsisten dalam memilih winning way game tersebut secara acak, tapi mereka juga memiliki keinginan untuk memilih opsi yang mengarahkan mereka pada kemenangan dengan tepat. Pemilihan tersebut menurunkan waktu yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan sebesar 25% .  “Salah satu fakta yang harus dipikirkan adalah jumlah air yang digunakan oleh monyet untuk memperoleh informasi dan memenangkan permainan,” Jelas Blanchard, salah satu tim peneliti

“jumlah 25% itu sangatlah besar dan cukup mengagetkan,” tegas Hayden, penanggung jawab Lab . Hayden menambahkan bahwa monyet-monyet tersebut memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ditunjukkan dengan bagaimana mereka terus mencoba dan tidak bosan dengan game yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *