Konsep Dasar Katalisis Enzim

Mengenal Enzim

Enzim adalah protein yang mengkatalis reaksi biokimia. Enzim umumnya tersedia dalam konsentrasi yang sangat rendah dalam sel, tempat dimana enzim meningkatkan laju reaksi biokimia sel tanpa mengubah posisi kesetimbangan reaksi.
Enzim dapat meningkatkan laju reaksi secara reversible dan mampu meningkatkan kecepatan reaksi suatu aktivitas sel dengan kecepatan 1000x hingga 10^12 kali laju reaksi biokimiawi normal.

Ada lebih dari 2.500 macam reaksi biokimua yang dikatalis oleh enzim spesifik. Dan umumnya, tiap organisme yang berbeda, cenderung memiliki struktur enzim yang berbeda pula meski fungsinya sama.
Enzim dikarakterisasi oleh spesifitas substrat yang merupakan reaktab serta molekul-molekul lain yang berperan dalam pengaturan aktivitas katalis suatu enzim. Molekul yang memiliki peran dalam pengaturan aktivitas enzim tersebut dikenal sebagai efektor yang bersifat meningkatkan laju katalis (aktivator) dan menurunkan laju katalis enzim (inhibitor).
Untuk mengenal enzim lebih lengkap, Anda dapat membaca buku enzimologi dasar yang telah kami upload sebelumnya. Buku tersebut dapat Anda download disini