Hati-hati, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Bisnis Franchise!

Menjalani sebuah bisnis menjadi salah satu keinginan bagi seseorang karena dengan bisnis ini selain dapat menjadi suatu pekerjaan yang dapat menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun juga dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berbisnis dan salah satunya adalah dengan melakukan bisnis franchise atau bisnis waralaba. Dengan menggunakan bisnis ini, bagi Anda yang tidak memiliki modal besar, dapat menggunakan bisnis waralaba sebagai solusi, dan bagi yang memiliki bisnis atau usaha, dapat bermanfaat untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

Akan tetapi, membangun sebuah bisnis waralaba, baik untuk pemberi atau penerima franchise, tidak mudah karena harus melakukan beberapa hal tertentu dengan benar sehingga dapat menghasilkan keuntungan dan bisnis berjalan dengan baik. Terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan saat membangun bisnis waralaba. Pertama adalah salah dalam memilih pemberi franchise dan penerima franchise atau salah dalam memilih partner.

Jika Anda salah dalam memilih partner bisnis Anda, bisnis franchise tidak akan dapat berkembang dengan baik. Misalnya jika Anda seorang franchisor atau pemberi waralaba, kesalahan dalam memilih franchisee atau penerima waralaba dapat memundurkan bahkan terkadang merugikan bagi Anda. Anda tidak mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Bagi franchisee, salah memilih pemberi waralaba dapat menyebabkan Anda tidak dapat mengembangkan bisnis waralaba dengan maksimal. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak memiliki dasar atau sistem yang digunakan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Kedua adalah sebagai pemberi waralaba, Anda terlalu cepat untuk memutuskan membuka usaha franchise. Salah satu ciri bisnis yang berkembang adalah jika Anda memiliki cabang baru, namun, Anda harus memperhatikan hal berikut:

  • Apakah Anda memiliki dasar SOP atau standar operating prosedur dengan baik dan benar sehingga bisnis Anda juga dapat beroperasi dengan benar.
  • Apakah sistem yang Anda terapkan mudah dimengerti atau tidak. Sehingga, penerima waralaba dapat mengaplikasikannya dengan baik.
  • Memiliki tim yang solid.
  • Memperhitungkan untung dan rugi tidak hanya di bagian keuangan namun juga di segala bidang.

Ketiga adalah Anda tidak memiliki SDM dan SOP yang matang serta konsep yang belum terbukti. Walaupun Anda dapat dikatakan memiliki kestabilan kondisi di bidang keuangan namun jika Anda tidak memiliki SDM dan sistem yang terbukti, maka besar kemungkinan bisnis waralaba Anda tidak akan sukses. SDM tersebut tidak hanya berlaku untuk bidang penghitungan seperti analisa dan keuangan, namun juga termasuk dalam tim trainer. Hal tersebut dikarenakan mengerti tidaknya seorang penerima waralaba akan suatu sistem yang diterapkan oleh franchisor, tergantung pada pemberian penjelasan yang dilakukan oleh trainer.

Kesalahan lainnya yang menjadi penyebab bisnis franchise tidak dapat berkembang dengan baik yaitu:

  • Tidak adanya komunikasi yang baik antara franchisor dengan franchise. Franchisor seharusnya selalu mengawasi dan memberi tahu jika terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan sistem yang berlaku. Sebaliknya, franchisee juga harus memberi tahu kepada pihak franchisor jika terdapat sesuatu yang tidak mengerti atau tidak berjalan dengan baik. Sehingga masalah yang terjadi pada bisnis waralaba, dapat terselesaikan dengan baik.
  • Tidak adanya sistem support atau manajer yang mengawasi dan memberi tahu jika bisnis tidak berjalan dengan baik.
  • Bagi franchisee, tidak membaca keseluruhan perjanjian sehingga pada saat menjalankan bisnis tersebut, merasa sering dirugikan dan akhirnya memutuskan perjanjian.
  • Fokus franchisor pecah antara waktu untuk mendampingi franchisee dan mengembangkan bisnis.
  • Pertumbuhan yang terlalu cepat sehingga terkadang baik franchisor atau franchisee tidak dapat mengantisipasi akibat yang ditimbulkan.