Cara Mudah Membuat Anak Anda Lebih Pintar

Mempunyai anak yang pintar merupakan dambaan setiap orang tua. Namun apakah anda sudah menerapkan hal yang benar? Memaksa anak untuk belajar terus menerus adalah cara kebanyakan orang tua lakukan. Tetapi cara tersebut tidak lah benar. Justru hal tersebut membuat anak membangkang dan cenderung terpaksa untuk melakukanya. Banyak cara yang lebih mudah untuk dilakukan sebenarnya untuk membuat anak anda lebih pintar. Kepintaran anak juga tak harus diukur dari berapa nilai yang mereka dapatkan di sekolah. Tetapi bagaimana mereka memahami dan menerapkan pelajaran yang mereka pelajari di sekolah. Kemudian daya nalar mereka juga harus bekembang. Berikut langkah mudah yang dapat anda terapkan pada anak anda.

  1. Memakan Makanan Yang Sehat

Langkah pertama yang paling mudah untuk membuat anak anda lebih pintar adalah dengan menyediakan makanan yang bergizi. Lebih baik jika kita membuat makanan sendiri di rumah. Karena jika membeli makanan diluar, kita tak tahu bahan apa yang mereka gunakan. Hindari pula makanan cepat saji dan makanan kemasan kerena bahan pengawet dapat membuat otak menjadi lambat. Makanan bergizi yang mengandung protein kemudian vitamin dan mineral. Ketika anda memasak makanan juga usahakan untuk tidak menggunakan bahan penyedap rasa yang mengandung MSG. Gunakanlah penyedap rasa alami.

  1. Tidur yang Cukup

Bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan tidur yang cukup diwajibkan. Hal ini karena menurut penelitian, jika seorang anak tidurnya terlambat dan menyebabkan mereka kehilangan beberapa jam waktu tidur mereka maka dapat membuat kecerdasan anak anda berkurang. Menurut seorang peneliti bernama Sadeh bahwa kehilangan 1 jam waktu tidur maka anak akan kehilangan 2 tahun masa perkembangan dan kematangan kognitifnya. Maka dari itu jangan biarkan anak anda tidur cukup setiap harinya.

  1. Pengajaran Yang Tepat

Membuat anak anda belajar di rumah mungkin adalah hal yang paling membuat anda frustasi. Namun jangan sampai anda memaksa anak anda, ada baiknya jika anda bersama-sama mengajak anak sehingga anda dan anak anda belajar bersama. Salah satu cara mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan membaca bersama anak anda. Jangan hanya anda saja yang membaca, anak anda pun harus ikut membaca agar mereka memahami isi dari bacaan tersebut. Ketika anda dan anak anda belajar bersama-sama akan membuatnya terbantu dari segi emotional sehingga membuatnya lebih bersemangat.

  1. Kedisiplinan

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kedisiplinan lebih bagus daripada kecerdasan. Anak yang cerdas belum tentu disiplin untuk belajar. Tetapi anak yang disiplin belajar pasti akan lebih banyak pengetahuan daripada anak yang cerdas. Maka dari itu anda harus membuat anda menjadi pribadi yang disiplin dalam segala hal. Disiplin setiap waktu belajar datang, diplin ketika waktu bermain datang, dan juga disiplin waktu tidur. Anda bisa menerapkan waktu pada anak anda jam berapa saja mereka harus belajar, bermain dan tidur. Anda juga harus mencontohkan sikap disiplin agar anak anda meniru hal tersebut.

Ada beberapa cara lain yang bisa diberikan untuk memberikan motivasi pada anak. Misalnya dengan memberikan Iphone 6 agar anak mau belajar. Anda bisa mulai mencari harga Iphone 6 tersebut untuk dijadikan hadiah untuk anak. Namun perlu dipastikan, bahwa anak Anda bisa menggunakan handphone tersebut secara bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *