Cara Memperkecil Ukuran PDF, Ikuti Langkah Ini!

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windows

Cara memperkecil ukuran PDF, ikuti langkah ini! Ketika seseorang memiliki dokumen dan harus dikonversi ke dalam jenis file termaduk PDF. Maka harus ada langkah yang dilakukan agar dokumen yang dibuat bisa langsung terkonversi dengan baik. Dengan begitu akan mendapatkan kemudahan layanan untuk dokumen yang ada tersebut dan terkonversi secara efektif serta efisien.

1. Memakai Microsoft Word

Ketika memanfaatkan Microsoft Word untuk konversi PDF ini maka pengguna tidak perlu khawatir untuk download aplikasi apapun. Cukup dengan memaksimalkan penggunaan Microsoft Word yang ada kemudian bisa langsung dapatkan file PDF dengan mudah. Tentunya dengan memperhatikan cara yang sangat mudah serta menarik untuk digunakan sebagai alat terbaik dalam konversi.

Untuk bisa akses cara ini dikhususkan untuk pengguna Microsoft Word 200 ke atas. Adapun awalnya buka PDF di word dengan mengakses menu file. Kemudoan drag filePDF ke lembar kerja word untukk membukanya. Selanjutnya klik Save AS, pilih menu dropdown jenis file, pilihlah PDF. Kemudian cari opsi untuk optimize for, pilih minimum size. Klik save maka file PDF yang terkonversi di Microsoft word sudah terkompres.

2. Memakai Softwarer Adobe Acrobat

Cara memperkecil ukuran PDF yaitu dengan memakai Adobe Acrobar. Saat penggunanya menggunakan laptop atau komputer dan telah mempunyai adanya file Adobe Acrobat ini maka bisa untuk dimanfaatkan dalam mengecilkan ukuran file PDF. Caranya dengan menggunakan pemanfaatan fitur PDF Optimizer. Tentunya memperhatikan langkah-langkah yang bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membuka PDF di Adobe Acrobat.

Setelah membuka filenya maka selanjutnya pilijh Optimize PDF yang mana akan muncul beberapa pilihan di layar. Saat klik untuk reduce size maka Acrobat akan menerapkan pengaturan secara defult pada file yang akan dikompres kemudian akan terkurangi ukuran filenya. Pengguna juga bisa atur ulang ukuran dokumen sesuai kebutuhan guna mempertahankan kualitas dari dokumen PDF tersebut dengan option Advanced Optimization.

3. Mengakses Situs Smallpdf

Langkah yang bisa digunakan saat akan memperkecil ukuran pdf yaitu dengan Smallpdf. Untuk bisa memakainya secara langsung, penggunanya cukup dengan masuk ke situs smallpdf.com saja. kemudian di halamannya akan tertampil menu Compress PDF. Selanjutnya pilih file yang akan diperkecil ukurannya dan bisa langsung diproses pada Smallpdf ini secara online.

Untuk bisa memakainya klik untuk pilih file pada menu yang tersedia, selanjutnya prosesnya kompresi file akan berlangsung. Dalam Smallpdf ini ada dua pilihan, Basic Compression yang mana ukuran file akan mengecil hingga 40%. Kemudian piliha Strong Compression yang mana ukuran filenya akan mengecilkan sampai dengan 75% yang aksesnya berbabayar.

Dengan adanya aplikasi atau website yang membantu sebagai cara memperkecil ukuran PDF. Maka bisa disimpulkan bahwa hal ini sangat efektif juga sangat membantu kinerja. Dimana kinerja pengerjaan file yang terkonversi bisa lebih efisien serta tetap bisa mendapatkan ukuran file yang lebih mini dari file aslinya.