Cara Membuat Bubur Mutiara Yang Lezat

6 Resep Olahan Sagu Mutiara yang Enak dan Praktis, Legitnya Juara!

Sebagai orang Indonesia melihat penampakan bubur Mutiara ini pasti anda pernah. Banyak sekali abang-abang di pinggir jalan atau keliling rumah yang menawarkan bubur Mutiara. Bubur Mutiara ini biaanya ada yang dimakan dengan es batu dan dicampur dengan pelengkap seperti nangka dan lainnya. Bubur Mutiara ini memang ketika digigit memiliki tektur kental dan enak ketika menelannya. Bentuknya yang bewarna pink ini membuat bubur Mutiara sangat cantik makanya dibilang Mutiara. Nah, cara membuat bubur Mutiara ini sebenarnya gampang karena sagu Mutiara yang pinknya bisa dibeli di pasar atau supermarket. Berikut berbagai cara membuat bubur Mutiara yang lezat.

  1. Bubur Mutiara Sederhana

Bubur Mutiara sederhana ini tidak membutuhkan banyak bahan. Sehingga anda bisa membuat bubur Mutiara ini dengan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daun pandan 1 lembar, garam sedikit saja, gula sesuai selera, santan kara 1 bungkus, sagu Mutiara 1 bungkus.

Cara membuat bubur Mutiara sederhana ini dengan mendidihkan air dan masukkan sagu mutiaranya. Kemudian ketika sagu Mutiara sudah mula mekar, anda masukkan gula pasirnya. Setelah itu sisihkan dahulu dan masak santan dengan air dan berikan garamnya. Selanjutnya campurkan bubur Mutiara dan santannya.

  1. Bubur Mutiara Dengan Pisang

Pisang bisa menjadi bahan yang enak untuk dimakan dengan bubur Mutiara. Bahan-bahan yang diperlukan adalah pisang 2 atau 3 buah, daun pandan 1 lembar, gula pasir secukupnya, santan cair kara 1 bungkus, sagu Mutiara 1 bungkus.

Cara membuatnya adalah rebus air hingga airnya mendidih dan masukkan 1 bungkus sagu Mutiara. Setelah itu masak bubur Mutiara hingga matang. Kemudian masukkan pisangnya. Lalu masukkan gula pasir dan daun pandannya. Setelah itu masukkan santan dan aduk lagi. Sajikan dengan es batu untuk sajian bubur Mutiara dingin.

  1. Bubur Mutiara Gula Merah

Bubur Mutiara juga bisa dibuat dengan gula merah. Gula merah akan menampilkan rasa yang berbeda. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur Mutiara gula merah adalah 1 bungkus sagu Mutiara, santan kelapa, gula merah 3 buah, daun pandan 2 lembar dan tepung maizena 1 sendok makan.

Larutkan tepung maizena dahulu dengan air hangat dan sisihkan. Setelah itu rebus sagu Mutiara dengan air. Kemudian setelah setengah matang, masukkan santan dan gula merahnya. Masukkan juga daun pandanya. Kemudian anda tambahkan garam sedikit saja. Lalu diaduk dan cicipi apakah mutiaranya sudah empuk.

  1. Bubur Mutiara Dengan Candil

Bubur Mutiara bisa dicampur dengan candil. Dalam membuat candilnya, anda perlukan bahan-bahan seperti tepung ketan, tepung tapioca dan air putih. Setekah itu siapkan bahan-bahan membuat bubur mutiaranya yaitu sagu Mutiara, gula merah aren 2 buah, daun pandan 2 helai dan garam. Setelah itu siapkan juga santan kelapanya 65 ml.

Cara membuat candilnya adalah dengan memberikan air pada campuran tepung ketan dan juga tepung tapiokanya. Setelah itu bulatkan dan rebus candilnya. Selanjutnya anda masak sagu mutiaranya dengan air. Masukkan gula merah dan santan kelapa. Kemudian masukkan juga candil yang direbus tadi. jangan lupa masukkan larutan tepung maizena. Jangan lupa daun pandannya dimasukkan . anda bisa makan bubur Mutiara candil ini dalam keadaan dingin dengan dimasukkan ke kulkas. Anda juga menambahkan nangka agar lebih enak. Nangkanya dipotong kecil-kecil agar enak dimakannya.