Cara Konsumsi Cetirizine yang Tepat  

Jual CETIRIZINE HCL 10MG ISI 1 STRIP 10 TAB OGB (OBAT ALERGI/ANTIHISTAMIN)  - Kota Tangerang - Apotek Generik Raden Saleh Karang Tengah | Tokopedia

Cetirizine merupakan obat golongan antihistamin untuk meredakan gejala atau keluhan akibat reaksi alergi, seperti gatal pada kulit, tenggorokan, hidung dan mata. Antihistamin bekerja dengan cara memblok histamine. Histamin merupakan zat kimiawi yang diproduksi oleh system imun tubuh ketika reaksi alergi. Obat ini merupakan obat yang paling umum digunakan untuk mengobati alergi. Obat ini pada umumnya menyebabkan kantuk. Karenanya berhati-hatilah ketika mengkonsumsi obat-obatan ini jika Anda perlu melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi seperti menyetir dan bekerja atau mengoperasikan alat berat. Obat antihistamin tersedia dalam bentuk tablet, sirup, nasal spray dan tetes mata. Contoh obat antihistamin adalah chlorpheniramine, cetrizine dan loratadine.

  1. Cetirizine

Obat cetirizine mengandung bahan zat aktif yaitu cetirizine hydrochloride (HCl). Cara kerja obat ini yaitu untuk menghalangi kerja senyawa histamine yang diproduksi oleh tubuh saat terpapar oleh allergen. Senyawa histamine ini menjadi penyebab munculnya reaksi alergi. Cetirizine termasuk jenis obat anti alergi atau antihistamin yang menyebabkan kantuk rendah. Cetirize tidak mampu mengobati reaksi alergi serius seperti anafiliatik. Obat ini bisa Anda dapatkan di apotek dengan resep dokter.CEtirizine memiliki berbagai bentuk kemasan yaitu tablet kunyah, tablet hisap dan cairan. Cetirizine bekerja dengan cara memblokir zat histamine yang menyebabkan alergi pada tubuh.  Obat ini termasuk golongan keras karenanya gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter.

  1. Kelompok Orang yang Berpotensi Terkena Efek Samping cetirize

Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil akibat pembesaran prostat atau saat menderit gangguan ginjal, hati atau diabetes, maka sebelum menggunakan obat cetirizine Anda perlu menghubungi dokter. Dan juga jika Anda sedang dalam kondisi hamil, menyusui atau berencana untuk hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan cetirizine. Selama menggunakan obat cetirizine, Anda tidak dianjurkan melakukan aktivitas seperti mengemudi atau mengoperasikan alat berat, karena obat ini memiliki efek samping yang menimbulkan kantuk. Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah penggunaan Cetirizine, Anda harus segera menghubungi dokter.

  1. Cara Mengkonsumsi Cetirizine yang Tepat

Pastikan Anda sudah membaca dan mengetahui informasi aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. Jenis sediaan obat cetirizine dalam bentuk tablet terdiri dari tablet minum (oral), tablet kunyah dan tablet hisap cepat larut.

  • Tablet Oral

Untuk penggunaan tablet oral konsumsilah dengan segelas air putih.

  • Tablet Kunyah

Sementara itu, jika Anda mengonsumsi tablet kunyah, pastikan Anda mengunyah terlebih dahulu di mulut sampai hancur dan lumat, kemudian Anda telan yang dilanjutkan dengan minum segelas air putih untuk membersihkan sisa-sisa obat di mulut.

  • Tablet Cepat Larut

Untuk tablet cepat larut, isap tablet hingga larut di lidah tanpa digigit, kemudian telan dan minum segelas air putih.

  • Bentuk Sediaan Cairan atau Sirup

Untuk bentuk sediaan cairan atau sirup, ukurlah dosis secara hati-hati, karenanya gunakanlah sendok takaran khusus agar takaran dosisnya pas. Tidak disarankan memakai sendok biasa karena kemungkinan dosisnya tidak akan sesuai. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa petunjuk dokter.

Pada umumnya Cetirize hanya dikonsumsi pada saat gejala alergi sedang terjadi. Anda perlu menghubungi dokter jika gejala alergi Anda tak kunjung membaik. Jika Anda mengalami gatal-gatal yang tidak hilang setelah 3 hari pengobatan, atau gatal berlangsung lebih dari 6 minggu, Anda harus segera temi dokter untuk pengobatan lebih lanjut dan tepat.