Beberapa Tips Sahur Sesuai Dengan Ajaran Rasulullah

Puasa Tanpa Sahur, Sah atau Tidak? Ini Hukumnya!

Sahur merujuk kepada kegiatan makan minum yang dilakukan umat Islam saat dini hari. Sahur ini dilakukan bagi yang hendak menjalankan puasa pada saat bulan Ramadan.  Selain itu, sahur juga menjadi hal yang penting yang tak boleh dilewatkan selama bulan suci Ramadan. Meski hukum sahur ini adalah sunnah, jadi bagi yang tak melakukan sahur, masih tetap sah beribadah puasa Ramadannya. Di samping merupakan bagian ibadah, sahur akan membantu umat Muslim bertahan juga selama berjam-jam tanpa minum makan apa pun itu.

Rasulullah mengatakan kalau sahur merupakan salah satu bagian ibadah puasa bulan Ramadan. Dengan menikmati makanan minuman sebelum mulai puasa dilakukan juga oleh Rasulullah. Jangan sampai lupa juga kalau saat sahur, kita lebih baik membaca bacaan doa sahur. Agar ibadah puasa makin berkah, maka baiknya mengikuti beberapa tips sahur di bawah ini seperti yang telah dijalani Rasulullah.

Hindari Lewati Waktu Sahur

Jangan sampai kita melewatkan sahur ini. Makan pada saat waktu dini hari tidak mudah memang bagi beberapa orang, terutama pada saat awal berpuasa. Tetapi Rasulullah menganjurkan makan sahur dikarenakan sahur masuk bagian ibadah puasa. Rasulullah tidak pernah lewat waktu sahur. Bahkan pada sebuah hadist yaitu dari sahabat Rasulullah, berkata bahwa “Aku menemui Rasul ketika makan sahur, dan beliau berucap, “Sesungguhnya sahur ialah barokah yang telah Allah berikan kepada kalian, janganlah kalian sampai tinggalkan sahur.” dari HR An Nasaa`i & Ahmad.

Sahur Pada Akhir Waktu Menjelang Imsak

Ada lagi tips sahur lainnya sesuai dengan anjuran Rasulullah yaitu sahurlah pada akhir waktu. Ada salah satu hal yang menjadi tantangan berpuasa yaitu rasa lapar. Lapar ini bisa menyerang pada waktu yang berbeda-beda tiap orang. Biasanya perut akan berbunyi pada saat siang hari di mana justru pada saat waktu berbuka puasa masih lama. Supaya bisa mengatasi hal tersebut, maka salah satu trik yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengakhirkan waktu makan minum sahur. Hal ini juga seperti yang telah dilakukan Rasulullah SAW.

Pada HR Bukhari Muslim, ada yang berisikan, “Kami sahur bersama dengan Rasulullah SAW, beliau kemudian shalat, dan aku bertanya (kata Anas), seberapa lama jarak adzan dengan sahur? Rasulullah lantas menjawab, “Kira-kira sebanyak waktu membaca 50 ayat Al Qur’an.” Maka dari sini, dapat kita ketahui, Rasulullah selalu sahur pada akhir waktu/ menjelang waktu sholat Subuh. Adzan sholat Subuh umumnya berkumandang setengah lima dan terpisah hanya beberapa menit saja dari imsak. Anda bisa mulai makan sahur jam empat pagi, agar lebih aman bisa dari setengah empat. Dengan demikian, maka perut bisa merasa lebih lama kenyang jika dibandingkan dengan makan sahur saat tengah malam.

Hindari Makan Minum Berlebihan

Ada lagi tips sahur lainnya sesuai Rasulullah yaitu jangan sampai makan minum dengan berlebihan. Trik yang sering dilakukan banyak orang supaya merasa kenyang saat puasa adalah mengonsumsi lebih banyak makanan pada saat sahur. Makan yang terlalu banyak ini pada saat sahur sebenarnya juga tidak 100 persen menjamin Anda bisa kenyang seharian. Di samping menimbulkan masalah pada pencernaan, jika makan minum berlebihan sangat dibenci juga oleh Allah. Allah pernah berfirman, “Wahai cucu dan anak Adam! Pakailah pakaian yang bagus setiap masuk masjid, makan minumlah, tapi jangan berlebihan. Allah tidak suka dengan mereka yang berlebih-lebihan.