Beberapa Hal Yang Terpenting Dari Nutrisi Anak

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak Usia Dini

Anda mungkin berpikir mengajari anak-anak Anda tentang makan sehat tidak penting. Mereka tidak mendengarkan Anda, kan? Tidak bisakah mereka belajar tentang nutrisi di sekolah? Namun, mengajarkan anak-anak tentang pentingnya nutrisi sejak usia muda SANGAT penting. Mengapa? Karena itu meletakkan dasar yang kuat untuk gaya hidup sehat yang akan bertahan seumur hidup mereka. Itulah mengapa ide yang bagus untuk memperkuat pelajaran yang dipelajari anak Anda tentang gizi di sekolah dan di rumah.

Berikut adalah tiga tips yang bisa kita gunakan agar kita bisa mengetahui hal-hal mengenai nutrisi anak terpenting

1. Pelajari lebih lanjut tentang nutrisi untuk anak-anak

Langkah pertama untuk mengajarkan keluarga Anda tentang nutrisi adalah membiasakan diri dengan kebutuhan nutrisi spesifik anak-anak. Meskipun anak-anak dan orang dewasa sama-sama membutuhkan jenis nutrisi yang sama dalam makanan mereka, jumlah nutrisi spesifik yang dibutuhkan oleh anak-anak bervariasi tergantung pada usia mereka. Menurut Mayo Clinic, penting untuk fokus pada memasukkan makanan kaya nutrisi spesifik dalam diet anak-anak Anda untuk mendorong perkembangan yang sehat. 

Makanan-makanan yang penting untuk memenuhi nutrisi anak

  • Protein

Untuk protein berbasis hewani, kami sarankan untuk tetap mengonsumsi daging tanpa lemak, makanan laut, unggas, dan telur. Dalam hal protein nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong, dan produk kedelai adalah sumber protein yang sangat baik.

  • Buah-buahan

Ketika tersedia pilih buah-buahan segar dari semua jenis, seperti apel, persik, pir, kiwi, jeruk, pisang, dan melon. Jika di luar musim, cobalah buah-buahan beku, kalengan, dan kering. Hindari memberikan jus buah anak Anda, dan jika Anda melakukannya, pilihlah jus 100 persen tanpa gula. Jika memberi anak Anda buah kering, hindari kelebihan kalori dengan mengingat bahwa seperempat cangkir buah kering setara dengan satu cangkir buah segar.

  • Sayuran

Banyak sayuran yang bergizi tinggi, seperti labu, bayam, tomat, brokoli, bawang, bawang putih dan semua sayuran berdaun hijau. Bahkan jika anak-anak tidak menyukai beberapa dari ini, Anda biasanya dapat menyembunyikannya dalam casserole atau saus untuk pasta sehingga mereka tidak menyadari apa yang mereka makan. Jika Anda memilih sayuran beku atau kalengan, pastikan untuk memeriksa tambahan natrium dan pilih opsi dengan level terendah.

  • Biji-bijian

Biji-bijian yang bisa anak anda makan termasuk roti gandum, sereal, beras merah, quinoa, oatmeal, dan popcorn. Sementara itu, pastikan untuk membatasi biji-bijian olahan, yang meliputi pasta dan roti putih.

  • Susu

Kami sarankan untuk memilih produk susu rendah lemak atau bebas lemak termasuk yogurt, keju, atau minuman kedelai yang diperkaya untuk anak-anak yang tidak toleran laktosa.

2. Bicaralah dengan anak-anak Anda tentang pentingnya nutrisi

Sebagian besar anak-anak belajar tentang makanan bernutrisi di sekolah, namun, pengajaran ini harus diperkuat di rumah. Anda dapat melakukan ini dengan berbicara tentang bagaimana makanan bergizi membantu memperkuat tubuh dan pikiran kita. Anda juga dapat mendiskusikan bagaimana makanan seperti kue, pai, permen, dan soda tidak memiliki nilai gizi dan dapat menyebabkan penyakit. Ingatkan anak-anak Anda tentang makan yang benar dan tanyakan kepada mereka apa yang harus mereka makan hari ini  dan bagaimana makanan itu cocok dengan kebutuhan mereka Percakapan seperti ini dapat membantu seluruh keluarga menjadi lebih sadar akan apa yang mereka makan.

3. Dorong anak-anak Anda untuk membantu di dapur

Salah satu cara terbaik untuk membantu anak-anak Anda memahami pentingnya nutrisi adalah mendorong mereka untuk membantu menyiapkan makanan ringan dan makanan mereka. Semakin banyak waktu yang mereka habiskan bersama Anda mencampur adonan atau mengeluarkan adonan, semakin banyak cinta yang akan mereka kembangkan untuk makanan. Biarkan anak-anak Anda menyentuh makanan dan lihat bagaimana rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *