Bahaya Main Game Terlalu Lama Bagi Seorang Anak


Munculnya berbagai macam jenis game, membuat siapa saja bisa memainkannya dengan sangat mudah tidak terkecuali anak-anak. Game yang menarik serta media yang mudah didapatkan untuk bermain game, membuat anak-anak bisa memainkan game kapan saja dan dimana saja. Ketika seorang anak sudah mengenal dunia game, maka orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan porsi kepada anak untuk bermain game. Pasalnya, jika anak sudah mengalami kecanduan main game terlalu lama, maka dapat menimbulkan berbagai macam bahaya. Bahaya seperti apa itu, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Berikut ini beberapa bahaya main game terlalu lama yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak.

  • Membuat seorang anak melalaikan kewajiban dan kegiatan lainnya, seperti bermain & bergaul dengan teman-temannya, makan, mandi, belajar, tidur dan sebagainya.
  • Mampu memicu berbagai macam permasalahan emosi, diantaranya menjadi mudah marah, lebih suka menyendiri dan juga murung.
  • Terjadinya perilaku yang over agresif. Over agresif disini merupakan kegiatan yang kurang baik akibat mencontoh adegan yang terdapat pada game yang dimainkannya seperti contohnya adegan kekerangan.
  • Sangat sulit mengendalikan dirinya sendiri. Ketika seorang anak kecanduan bermain game terlalu lama, mereka awanya hanya berencana untuk bermain game selama 1 jam saja, akan tetapi karena terlalu asyik, maka bisa menjadi seharian hanya untuk bermain game. Hal ini terjadi karena seorang yang sudah kecanduan bermain game sangat susah mengendalikan dirinya saat asyik bermain game.
  • Dapat mengganggu kesehatan. Karena aktifitas bermain game yang hanya berdiam diri atau duduk tanpa adanya pergerakan sama sakali, maka berbagai macam permasalahan kesehatan dapat muncul seperti tubuh menjadi pegal-pegal, pencernaan menjadi terganggu, tangan ¬†menjadi kram, bahkan bisa menyebabkan penyakit insomnia jika bermain game hingga larut malam.
  • Mampu mempengaruhi kinerja otak anak. Untuk melihat perubahan struktur otak anak akibat kecanduan bermain game terlalu lama dapat dilihat melalui pemeriksaan Magentic resonansi Imaging. Dimana pencandu game dapat mengalamai dampak bahaya seperti peningkatan metabolisme glukosa dalam tubuh pada bagian gyrus orbitofrontal kanan tengan, nucleus caudatus kiri dan insula kanan dari otak.
  • Memicu perilaku tidak jujur. Perilaku tidak jujur ini biaya dalam hal waktu dan uang. hal tersebut dilakukannya karena dirinya tidak ingin mendapat larangan untuk melakukan hal yang menjadi kesenangannya yaitu bermain game.

Untuk menghindari bahaya kecanduan main game terlalu lama bagi seorang anak, maka perang orang tua sangatlah penting. Sebagai orang tua harus mampu mengontrol kebiasaan anak bermain game. Itu saya informasi yang dapat saya berikan, semoga memiliki banyak manfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *