Apa Saja Unsur Utama Sebuah Usaha di Rumah?


Setiap usaha memiliki unsur utama dan pendukung yang berkaitan dengan tingkat kesuksesan. Begitu pula dengan usaha di rumah untuk menambah penghasilan. Dalam beberapa kasus, bisnis rumahan memang layak dipertimbangkan sebagai jawaban atas maraknya PHK dan semakin ketatnya seleksi penerimaan karyawan. Meskipun bukan berjalan tanpa resiko, setidaknya dengan melakukan usaha di rumah seseorang akan memiliki lebih banyak harapan.

Unsur utama sebuah usaha adalah modal. Baik perusahaan besar, koperasi, maupun usaha di rumah juga memerlukan modal. Besarnya modal sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan. Hindari kebiasaan berhutang untuk modal. Karena jika suatu usaha gagal dan meninggalkan hutang modal maka masalah yang dihadapi bisa lebih kompleks.

Setelah modal, unsur lain yang tidak kalah pentingnya adalah mental berbisnis. Seorang pebisnis selalu peka terhadap pasar. Apa saja barang atau jasa yang diperlukan konsumen dan bagaimana cara mendapatkanya? Pertanyaan – pertanyaan tersebut harus mampu terjawab dengan menguatkan insting dan mental berbisnis. Jika tidak, seseorang bisa saja menjual atau menawarkan jasa yang tidak begitu diminati pasar dan akhirnya tidak laku. Sebagai referensi tambahan, bukalah aplikasi KUDO yang bisa diunduh gratis melalui Playstore untuk melihat aneka produk yang banyak diminati para konsumen.

Karena perkembangan teknologi semakin pesat, usaha di rumah juga harus berbasis teknologi. Misalnya saja terintegrasi dengan kurir atau ojek online sehingga konsumen bisa langsung menerima barang yang siap antar. Lebih baik lagi jika usaha yang dijalankan di rumah juga memiliki toko online sendiri. Jadi, transaksi bisa dilakukan di dua tempat dan pasti peluang mendapat keuntungan tinggi semakin besar.

Jika belum bisa membuat online shop sendiri, tidak ada salahnya bergabung di situs KUDO. Untuk sistem yang ada di KUDO atau Kios Untuk Dagang Online sendiri, ada dua pihak yang terlibat. Pihak utama merupakan pihak yang wajib menjadi agen baru bisa berbisnis. Ada pula penjual atau agen yang perlu menanam sejumlah modal yang akan dioleh menjadi saldo sebagai salah satu cara pembayaran produk yang dibeli. Penjual atau agen akan mendapat komisi. Sementara itu, pihak lain yang terlibat adalah konsumen yang akan langsung menikmati produk usaha di rumah dari seorang agen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *