6 Sayuran Penghilang Jerawat Untuk Dioles Maupun Dikonsumsi

Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sering dialami wanita maupun pria. Jangan meremehkan masalah jerawat meskipun kondisinya masih ringan. Jerawat yang dibiarkan mengendap akan melebar dan membuat radang semakin parah. Akibatnya, jika radang melebar maka wajah bisa semakin rusak serta menyebabkan bopeng.

Cara menghilangkan jerawat ternyata juga bisa dilakukan dengan sayuran loh. 6 sayuran berikut bisa dimanfaatkan baik dengan cara dioles maupun dikonsumsi.

  • Wortel

Cara memanfaatkan wortel dengan dijus memang sudah umum digunakan. Namun, jika ingin mencoba sensasi baru dari sayur berwarna oranye ini, infuse water  bisa dimanfaatkan. Konsumsilah olahan wortel tersebut dalam kondisi dingin. Selain itu, peras wortel sisa jus dan jadikan masker untuk mengurangi peradangan wajah.

  • Mentimun

Mentimun dipercaya dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit. Sensasi dingin yang diciptakannya dapat mengurangi rasa perih dari jerawat meradang. Gunakan pula biji mentimun sebagai scrub yang efektif mengurangi komedo.

  • Bayam

Dengan kandungan zat besinya yang tinggi, bayam dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Bayam bisa diolah dalam bentuk salad, jus, infuse water, atau aneka masakan. Selain itu, bayam juga bisa dijadikan masker dengan menghaluskannya tanpa tambahan air.

  • Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang bisa mengurangi bercak kemerahan yang dihasilkan oleh bekas jerawat. Potong tomat menjadi beberapa bagian, lalu oleskan ke wajah terutama bagian yang memiliki jerawat. Setelah dioles, biarkan sisa cairan tomat mengering, baru dibilas. Rasakan kesegaran dari sayur merah bulat ini sebagai hasilnya.

  • Kubis

Kubis mengandung antioksidan tinggi dan mampu melakukan proses detoksifikasi tubuh dari berbagai racun yang setiap hari dikonsumsi atau terserap karena paparan. Jerawat adalah radang yang dihasilkan oleh protein berlebih serta ditambah penumpukan kotoran. Mengkonsumsi kubis dalam keadaan setengah matang, misalnya sebagai olahan salad akan mengurangi resiko jerawat bahkan membantu proses pemulihan kulit menjadi seperti sediakala setelah jerawat meradang.

  • Brokoli

Sama seperti kubis, brokoli adalah jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Selain itu, serat dalam brokoli juga mampu meningkatkan kinerja sel – sel dalam tubuh. Dengan demikian, kulit akan lebih cepat beregenerasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *